Membuat FTP Server berjalan otomatis pada localhost saat komputer Run pada XAMPP

Assalamu alaikum wr wb ?

Untuk menjalankan FTP Server FileZilla pada XAMPP, pertama-tama buka Control Panel XAMPP kemudian Start FileZilla Server, dan untuk menambahkan User baru pada server FTP buka Panel Admin FileZilla Server pada Control Panel XAMPP dengan menekan Tombol Admin FileZilla, kemudian masukan alamat server dengan localhost, dan isikan nomor Port nya adalah 14147 (Default FileZila FTP Server), untuk password nya biarkan saja kosong.

IKLAN:


Silahkan ikuti panduan dengan gambar dibawah ini :



Setelah login ke server FTP berhasil, kemudian tambahkan user baru dengan menekan menu Edit >> Users >> Add user baru pada Tab Users, kemudian isi kolom user baru dengan nama root, atau apa saja terserah anda.

Setelah user root di tambahkan, silahkan seting user tersebut dengan mengklick user root pada tab Users, kemudian pada Tab Page di bagian General, centang Checkbox Enable Account, dan centang Enable Password jika anda ingin menggunakan Password, dan isi dengan password baru.

IKLAN

Kemudian lanjutkan dengan menambahkan Shared Folder untuk akses user root tersebut pada bagian Page >> Shared Folders >> Add folder baru dengan menekan Add >> Browse For Folder dan tambahkan Folder baru seperti C:\xampp\htdocs , dan pada bagian Akses file silahkan centang Checkbox hak akses user tersebut. Lihat pada gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya :


Setelah Setup selesai, silahkan coba dengan menggunakan Software FTP Client :




Untuk menjalankan FTP Server di localhost secara otomatis saat komputer Run pertama kali, silahkan buka Control Panel XAMPP kemudian Klick pada tombol SCM untuk membuka Services Lokal komputer, dan cari Services yang bernama FileZilla Server FTP Server dan jika services tersebut sedang Start/berjalan, silahkan matikan terlebih dahulu, setelah itu Klick kanan FileZilla Server FTP Server dan buka di bagian Properties, selanjutnya ganti yang tadinya Manual menjadi Automatic :


Semoga tutorial singkat ini berguna untuk yang membaca nya, dan saya mohon maaf jika penjelasanya hanya menggunakan gambar-gambar saja. Wasalam...!

Posting Komentar

0 Komentar