Kenapa terkadang Virus komputer tidak bisa di hapus oleh Antivirus nya sendiri

Assalamu alaikum wr wb ?

Mengapa sebuah Virus komputer terkadang tidak bisa di hapus oleh Antivirus nya sendiri?
Hal ini disebabkan oleh beberapa paktor, di antaranya yang paling sering saya jumpai adalah pada komputer tersebut telah terinstall dua software AntiVirus,  dan hal ini lah Virus yang ada pada komputer tersebut susah untuk di musnahkan.

IKLAN:


Mengapa hal itu terjadi ?
Bukankah demi keamanan komputer, di pasangi beberapa Anti Virus itu lebih baik,  karena terkadang sebuah Virus baru belum tentu terdapat pada database Software Anti Virus tersebut sebagai target penghapusan...?! Memang benar, tapi anda harus ingat bahwa cara kerja sebuah Anti Virus selain mendeteksi file yang di curiga sebagai Virus, juga Berfungsi sebagai penahan jalanya sistem virus yang akan bekerja.

Seperti contoh Anti Virus Avira, selain mendeteksi adanya virus, juga menahan sementera jalanya Virus tersebut sampai Administrator komputer memberikan Konfirmasi penghapusan atau pememindahan ke Folder Quarantine, dan pada saat ini lah File yang di curiga sebagai Virus tersebut di Block oleh Sistem Avira sehingga File tersebut tidak akan dapat di hapus atau dipindahkan, termasuk oleh Anti Virus yang lain yang terinstall pada komputer, yang juga ikut memblockir file tersebut dan menunggu konfirmasi Penghapusan atau pemindahan oleh Administrator komputer.



Kemudian pada akhirnya kedua Software AntiVirus tersebut tidak akan memiliki akses untuk penghapusan atau pemindahan file yang di curiga sebagai Virus tersebut, dan kemungkinan akan menyatakan error, dan meminta untuk Restart sistem.

Solusi yang saya temukan adalah ?
Komputer anda di perbolehkan tetap memiliki 2 AntiVirus yang terpasang, dan setidak nya satu di antaranya yang selalu ter update ke internet, untuk memperbaharui informasi tentang adanya Virus baru yang sedang beredar, sehingga jika ada Virus baru tersebut pada komputer, AntiVirus dapat mendeteksi nya, dan kita dapat memberikan tindakan penghapusan terhadap Virus baru tersebut.

IKLAN

Tapi anda juga harus ingat bahwa kemungkinan AntiVirus yang lain juga ikut membaca adanya file yang mencurigakan tersebut, dan sebelum anda memberikan tindakan penghapusan terhadap File tersebut, sebaiknya anda menonaktifkan terlebih dahulu Salah satu sistem AntiVirus, sehingga Satu AntiVirus mendapatkan kebebasan hak akses penuh untuk memberikan tindakan terhadap File yang di curiga sebagai Virus tersebut.


Saran saya, jika Rating AntiVirus yang satunya di bawah Avira, sebaiknya jangan Menonaktifkan Sistem Avira. Semoga Tips komputer ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya, dan jangan lupa untuk memberikan komentar nya, Thank's.

Posting Komentar

0 Komentar