Atasi masalah Custom Domain redirecting di Blogger yang saat ini sedang error

Assalamu alaikum wr wb ?

Saat ini Blogger memang sedang mengalami masalah yang lumayan serius lagi, karena pada saat kemarin saja services domain Switching sedang di maintenance, kemudian sekarang services tersebut memang sudah tidak di disable lagi karena maintenance nya sudah selesai, tetapi masih ada satu kendala lagi yang sepertinya belum terselesaikan oleh tim Blogger nya, yaitu masalah domain forwarding ke domain top level yang baru dari panel Blogger, sepertinya services tersebut masih belum bekerja dengan baik.

IKLAN:


Coba Anda perhatikan di bagian Setelan Blogger >> Penerbitan >> Alamat Blog >> Setelan Lanjutan, jika Anda menggunakan sebuah nama domain misalkan : www.tutorialwebgratis.com, dan jika di edit maka akan terlihat sebuah Tombol Chekbox untuk mengarahkan domain : tutorialwebgratis.com ke www.tutorialwebgratis.com, dan hal itulah yang saat ini masih mengalami masalah, mudah-mudahan tim Blogger segera menyelesaikan permasalahan yang satu ini.


Jika anda menggunakan domain top level seperti contoh www.namadomain.com pada blogger, dan sebelumnya telah melakukan editing domain tersebut dengan mencentang tombol Chekbox yang saya maksudkan di atas, saran saya jangan melakukan editing kembali terhadap domain tersebut untuk saat ini, karena saat ini Blogger sedang mengalami gangguan terhadap domain switching, dan sepertinya belum semuanya terselesaikan, terkecuali Anda memang ingin mengarahkan domain utama tersebut ke Catatan Record yang lain, dan jika anda sudah terlanjur melakukan editing saat ini maka domain utama namadomain.com tidak akan bisa di forward lagi ke domain top level www.namadomain.com, dan akibatnya jika ada seorang pengunjung datang ke blog Anda tanpa menggunakan www, maka akan menemukan halaman error.



Solusi yang saya temukan untuk permasalahan ini adalah, anda harus memiliki Panel Admin dari domain Registrar dimana anda membeli domain tersebut, yang di dalam nya terdapat Zona Record atau DNS management untuk melakukan Forwarding domain utama ke domain top level www, dan jika anda tidak memiliki akses ke Zona Record tersebut, silahkan hubungi penjual domain anda dan minta agar mengarahkan Name Server nya ke salah satu layanan DNS management yang lain, atau menurut saran saya arahkan saja domain anda ke salah satu hosting yang support dengan php, karena saat ini banyak sekali Layanan hosting gratisan yang suport dengan php, cgi, perl, dll, dimana di dalam nya biasanya sudah terdapat fitur gratis untuk pengolahan DNS Record nya.

Kemudian, setelah anda mendapatkan hak akses penuh terhadap domain tersebut termasuk DNS management nya, silahkan membuat domain Forwarding yaitu domain.com. yang di alihkan ke www.domain.com. di panel admin hosting nya, atau bisa juga menambahkan Record CNAME www.domain.com. yang di arahkan ke ghs.google.com. dan Record CNAME domain.com. yang di arahkan ke www.domain.com. pada Tool DNS Record nya.

Jika ke dua langkah tersebut di atas telah di lakukan dan masih belum juga berhasil, sebaiknya buatlah satu buah Record CNAME saja sebagai top Level domain, yaitu www.domain.com. yang mengarah ke ghs.google.com. sementara domain utama nya yaitu domain.com. di arahkan ke IP hosting saat ini dengan menggunakan A Record.

Silahkan perhatikan gambar di bawah ini sebagai contoh nya :

Menggunakan Redirecting URL.


Menggunakan CNAME Record.


Jika fitur Redirecting URL tidak tersedia pada hosting anda, sebaiknya lakukan langkah ke dua saja, ikutin seperti gambar yang ke dua, selanjutnya Redirecting akan kita lakukan dengan menggunakan .htaccess file pada directory utama hosting.

Cari file .htaccess pada directory utama webserver, atau ada juga yang tersimpan pada directory cgi-bin, tergantung dari sistem hosting nya, jika anda belum bisa menggunakan FTP Software karena domain anda belum sepenuhnya tersinkron dengan server hosting, silahkan edit file .htaccess pada management file langsung pada cpanel hosting anda, kemudian masukan kode di bawah ini.

File .htaccess
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^tutorialwebgratis.com$ [OR]
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.tutorialwebgratis.com$
RewriteRule ^(.*)$ http://www.tutorialwebgratis.com/$1 [R=301,L]
IKLAN


Jika anda masih mengkhawatirkan URL domain masih belum beralih juga, silahkan tambahkan File index.php pada directory utama hosting biasanya adalah www, atau public_html, dll, dan isikan kode php seperti di bawah ini :

File index.php
<?php
header('Location: http://www.tutorialwebgratis.com');
?>

Jika masih ragu juga tambahkan kode JavaScript seperti di bawah ini pada file index.php sebagai pengganti kode php di atas.

<script type="text/javascript">
window.location = 'http://www.tutorialwebgratis.com'
</script>

Jangan lupa mengganti nama domain dalam contoh di atas menjadi domain yang anda miliki, dan terimakasih sudah menyimak bacaan ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa memberikan komentarnya seputaran permasalahan di atas, atau sekedar ingin menambahkan, silahkan saja.

Wassalam...!

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Nice share sob, tapi masih ada yang bingung nih...

    31.170.167.227 itu IP apa sob? kaya 000webhost. Bukannya IP google itu 216.239.32.21 dst...

    Terus nambah .htaccess dan kode PHP dimana? kalau .htaccess dan public_html kan adanya di hosting?

    BalasHapus
  2. Kang Ismet >> 31.170.167.227 adalah IP Hosting Gratisan yg saya gunakan, itu cm buat contoh saja kang,,

    Maksud sy memang menggunakan Hosting, Name server nya arahkan dulu ke hosting gratisan atau yg berbayar, bs jg ke www.000webhost.com, atau www.1freehosting.com, dll, trus dari hosting untuk yg www arahkan ke Google Host(ghs.google.com) menggunakan CNAME dan tambahkan CNAME yg kedua untuk Verfikasi kalo ada, dan domain utama tanpa www di arahkan ke IP hosting tersebut(Default Setup DNS) menggunakan A Record, kemudian dari domain Root seperti public_html, atau www, dll, gunakan .htaccess untuk Forwarding dari domain utama tanpa www, ke domain Top Level dengan www, itu dilakukan apabila hosting nya tidak menyediakan domain forwarding...

    Thank's telah berkomentar ya....!!
    Jika ada tambahan yg lain, silahkan beri komentar nya kembali...

    BalasHapus
  3. Ribet ya.. :)
    menurut sy, kalau NS dipointing ke hosting mending pake WP aja sekalian :)

    btw.. kalau mau pake hosting gratis di sini aja sob

    BalasHapus
  4. Ya, betul kang, kalo blog nya masih baru, mendingan pake Wordpress aj sekalian... Tp klo di Blogger sudah terlanjur lama menggunakan domain tersebut, ya kita perlu untuk mengusahakan kembali untuk ke selarasan domain yg kita gunakan itu.....

    Thank's atas masukan nya, semoga bermanfaat bagi yg membaca nya...!

    BalasHapus
  5. Saya ikut menambahkan aja.
    awalnya saya juga kebingungan mengatasi pengalihan naked domain di blogspot yang error. tapi kemudian saya cari info dan mencobanya ternyata berhasil...
    saya menggunakan fasilitas googleapps untuk mengatasi ini.
    jika ada yang berkenan ingin mencobanya silahkan berkunjung kesini
    semoga bisa membantu sesama blogger...

    BalasHapus
  6. Ass Wr Wb.
    Untuk kang ujang thank's atas pencerahannya,alhamdulillah akhirnya masalah saya sudah terpecahkan.
    Salam sukses.

    BalasHapus
  7. PRMT >> Wa'alaikum slm, alhamdulillah.... Seneng bs bantu,, Thank's ats kunjungan nya y......!

    BalasHapus
  8. Masih bngung gan,
    Di intuit dnsny gak bs sy rubah, ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yg dimaksud itu DNS Record nya...?

      Coba tambahkan tanda titik (.) di akhir perintah Record nya, seperti misalnya anda akan menambahkan domain top level dengan CNAME Record ke Blogger:

      Contoh:
      www [CNAME] ghs.google.com.

      Atau seperti ini:
      www.domainanda.com. [CNAME] ghs.google.com.

      Untuk menambahkan domain top level atau menambahkan subdomain lainya yang tidak dengan nama domainya jangan menambahkan tanda titik (Contoh: www), sedangkan untuk nama keseluruhan domain harus menambahkan tanda titik (Contoh: www.domainanda.com. atau files.domainanda.com.)

      Dan ingat sekarang blogger sudah merubah cara baru untuk pengaturan Domain Name Server nya untuk ke blogger, yaitu dengan menambahkan kode Verifikasi, silahkan ikuti panduannya di blogger, karena setiap blog akan selalu berbeda2 untuk kode Verifikasi nya, dan tambahkan juga kode tersebut pada Record CNAME...

      Terimakasih sudah menyimak.

      Hapus