Cara membuat WebBrowser hanya akan tampil jika ada koneksi internet saja pada visual studio 2010

Jika Anda hendak membuat Program Dekstop atau Software Komputer, mungkin anda ingin sekalian mempromosikan Iklan atau Website Anda, tetapi Anda juga tidak ingin mengganggu kinerja dari Applikasi tersebut dengan memenuhi tampilan dari Applikasi nya...!

IKLAN:


Hal ini memang sering di lakukan oleh para pembuat Applikasi atau Software Komputer Gratisan, mereka sengaja membuat Applikasi tersebut dan memberikanya terhadap publik secara gratis, tapi di balik itu semua mereka juga me manfaat kan hal tersebut untuk keperluan komersial atau iklan... Kalo menurut saya, itu sih hal yang wajar-wajar saja, karena dengan susah payah nya mereka membuat Software tersebut, tentunya ingin membuah kan hasil nya.

Sedangkan untuk dapat membuat Program Dekstop komputer, salah satu nya adalah dengan menggunakan Program Visual Studio dari Microsoft. Program ini memang di khususkan untuk para Developer membuat Program nya sendiri, sedangkan untuk dapat memiliki program Visual Studio ini, Anda harus membeli nya langsung dari Microsoft... Tapi jangan khawatir, mereka juga menyediakan Visual Studio 2010 Express, yang bisa Anda dapatkan secara gratis, silahkan Anda Mendownload nya langsung di Microsoft.

Baiklah, kita kembali ke materi nya...
Dalam judul tutorial yang saya tulis di atas, yaitu untuk membuat WebBrowser hanya akan tampil jika ada koneksi internet saja... Maksud nya adalah, isi dari konten WebBrowser hanya akan tampil pada Applikasi jika ada koneksi internet saja, sedangkan jika tidak ada koneksi internet, WebBrowser tersebut akan di Hidden atau di sembunyikan. Silahkan lihat kode Visual Basic di bawah ini :

If WebBrowser1.DocumentTitle = "Navigation Canceled" Then
            WebBrowser1.Navigate("")
        ElseIf WebBrowser1.Url.ToString = "about:blank" Then
            WebBrowser1.Visible = False
        End If

Hal ini memang sangat penting untuk desain dari tampilan Applikasi tersebut, karena jika Anda hendak menampilkan iklan atau mempromosikan website melalui WebBrowser, tentunya memerlukan koneksi internet, dan jika komputer tersebut tidak terhubung dengan internet, maka tampilan applikasi nya akan terlihat jelek.

Untuk cara penggunaan nya pertama-tama, buatlah sebuah Project Baru pada Visual Studio, dan masukan Template Windows untuk Form applikasi, kemudian tambahkan WebBrowser dari ToolBox pada Visual Studio dan beri nama WebBrowser1, dan masukan alamat URL pada Properti WebBrowser1 tersebut. Untuk lebih jelas nya, silahkan lihat gambar di bawah ini :

Visual Studio From Microsoft

Visual Studio From Microsoft

Visual Studio From Microsoft

Kemudian setelah selesai menambahkan WebBrowser1 pada form applikasi, silahkan Double Klick pada WebBrowser1, dan masukan kode di atas, untuk pembuatanya, saya sudah persiapkan contoh source kode nya dari Visual Studio 2010 Profesional, tidak masalah jika Anda menggunakan Visual Studio 2010 Express, karena nantinya akan di Convert otomatis oleh program nya. Silahkan anda Download disini!

Tampilan Contoh Applikasi yang dibuat dengan Visual Studio From Microsoft.

IKLAN:


Terimakasih Anda sudah mengunjungi Blog ini, harapan saya kedepanya Anda akan datang lagi ke sini... Silahkan Berikan komentar terhadap tutorial di atas, atau sekedar ingin menyapa, boleh-boleh saja...!

Thank's.

Posting Komentar

0 Komentar