Membuat nomor urut terbentuk secara otomatis pada database MYSQL

Hal ini sangat lah penting untuk memudahkan Anda dalam pengolahan database MYSQL seperti, mengambil, menambahkan, mengedit, atau menghapus isi table pada database tersebut, tanpa harus memperhatikan nomor urut nya sendiri.

IKLAN:


Seperti ini contoh nya : 
Misalkan Anda memiliki beberapa baris data pada table user, dan field-field nya adalah (nomor, nama, dan alamat), dan Anda ingin menambahkan beberapa baris data baru pada table user tersebut, maka... Anda tidak perlu slalu meng input kan nomor urut nya, lihat kode di bawah ini :

<?php
$query = mysql_query("INSERT INTO user(nama, alamat) VALUES ('Nama Saya', 'Alamat Saya')");
?>

Kode di atas adalah proses query_mysql untuk meng inputkan data baru pada table user, dan tidak menyertakan field nomor, karena mysql akan memproses secara otomatis mengisi nya dengan nomor di tambah 1 (satu) dengan nomor yang terakhir di input kan pada table tersebut, menurut sesi yang tercatat pada database.

Hal ini bisa kita lakukan dengan menambahkan Extra auto_increment pada field nomor tersebut, tetapi jenis dari field nomor tersebut sebelum nya harus sebagai PRIMARY lihat gambar di bawah ini :


 

Untuk lebih jelas nya, silahkan putar tutorial Video di bawah ini dari pertama di buatkan database baru sampai meng input kan contoh data nya : 



IKLAN:


Semoga Tutorial singkat ini bermanfaat bagi yang membaca nya, dan bagi yang berkunjung jangan lupa untuk memberikan komentar nya mengenai hal di atas. Satu kata dari Anda sangat bermanfaat buat saya, Terimakasih sudah mengunjungi blog ini!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. tp saat sy menghapus record no 2, record no 3 tdk otomatis menjadi no 2. gimana solusix?

    BalasHapus