Membuat ke amanan pada formulir online dengan random php

Assalamu alaikum wr wb ?

Ke amanan yang saya maksud pada judul di atas adalah, ke amanan sebagai Anti Spam atau karakter Captcha pada sebuah formulir online pada sebuah website, seperti hal nya form registrasi, form pengisian buku tamu, form login dan sebagainya... Hal ini berfungsi untuk mem Validasi form tersebut untuk satu Submiter saja, dan selanjutnya karakter Captcha tersebut akan di Random oleh php.

IKLAN:


Hal ini sangat lah penting untuk menghindari para Spamer membuat mesin Otomatis untuk mengisi form tersebut secara terus menerus tanpa adanya Validasi terlebih dahulu, seperti hal nya formulir untuk pengisian buku tamu, dan sebagai nya… Jika di perhatikan, banyak Website atau Blog yang menggunakan buku tamu yang tidak memiliki ke amanan formulir nya, sehingga di jadikan sebagai sarana atau media Iklan Gratis oleh para Spamer.

Memiliki sebuah buku tamu pada Website itu, memang penting… Hal ini, memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk meninggalkan jejak atau pesan nya, tanpa memberikan komentar pada Artikel yang terkait pada halaman tertentu. Tapi di satu sisi, ke amanan form Guestbook nya juga sangat lah penting, yaitu untuk menghindari terhadap orang yang tidak bertanggung jawab mengambil ke untungan semata dari website anda..., dan tanpa anda sadari pula, website anda di jadikan sebagai sarana Iklan Gratis.

Lalu, bagaimana cara menghindari nya ?
Agar form Guestbook Anda tidak di jadikan sebagai sarana iklan gratis, sebaiknya anda membuat guestbook sendiri, dan gunakan ke amanan dengan Anti Spam atau Kode Captcha untuk pengisian form nya, jika berkenan, silahkan untuk menggunakan kode php di bawah ini untuk Random Captcha nya :

<?php
function antirobot()
{
$karakter = array('a','A','b','B','c','C','d','D','e','E','f','F','g','G','h','H','i','I','j','J','k','K','l','L','m','M','n','N','o','O','p','P','q','Q','r','R','s','S','t','T','u','U','v','V','w','W','x','X','y','Y','z','Z','1','2','3','4','5','6','7','8','9','0');
$max = (count($karakter)-1);
srand(((double)microtime()*1000000));
$kar1 = $karakter[rand(0,$max)];
$kar2 = $karakter[rand(0,$max)];
$kar3 = $karakter[rand(0,$max)];
$kar4 = $karakter[rand(0,$max)];
$rand_kar = "$kar1$kar2$kar3$kar4";
return $rand_kar;
}
$random = antirobot();
echo $random;
?>

Jika Anda tidak mau repot-repot untuk membuat buku tamu sendiri, sebaiknya anda gunakan layanan buku tamu yang di khususkan untuk Web atau Blog pribadi, biasanya layanan ini di gunakan oleh pemilik blog dari User Blogger atau Blogspot, pemasangan dan penggunaan nya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal Registrasi pada layanan tersebut, lalu pasangkan beberapa baris kode JavaScript saja, seperti hal nya Guestbook yang di miliki oleh blog ini, lihat guestbook di bagian tab sebelah kanan blog ini yang di lengkapi dengan Captcha Anti Spam.

Kebetulan Guestbook tersebut saya sendiri yang membuatnya, tapi jika anda berkenan untuk menggunakan layanan tersebut, silahkan Anda pasang pada Web atau Blog anda..., dan sebelum nya URL blog Anda harus sudah terdaftar terlebih dahulu, karena di dalam nya saya gunakan Verifikasi host dan Referensi Domain yang anda gunakan, jadi setiap user dan domain akan memiliki masing-masing pesan yang berbeda.


INFO : Maaf udah ngga saya Update gan....

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda yang membutuhkanya, dan jangan ragu untuk memberikan komentar tentang artikel di atas, atau gunakan tombol like di bawah ini untuk Anda sukai di facebook.

IKLAN:


Satu sentuhan LIKE dari anda sangat berarti buat saya dan sangat berguna bagi perkembangan ilmu dan teknologi anak bangsa di Indonesia. Thank’s atas kunjungan nya.

Posting Komentar

0 Komentar