Contoh kegunaan fungsi while dan fungsi for pada php

Assalamu Alaikum Wr Wb ?

Dari berbagai macam Fungsi yang di miliki oleh PHP, ada beberapa Fungsi yang kegunaan nya hampir sama, di antaranya adalah fungsi While() dan fungsi For() Namun dalam penerapan nya, Fungsi ini berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan si pembuat Program. Disini saya akan membuat perbedaan di antara kedua Fungsi tersebut, beserta bagaimana dalam penerapanya. Mungkin setelah Anda membaca tutorial ini, Anda akan dapat membuat perbedaan lainya mengenai kedua Fungsi tersebut.

IKLAN:


Fungsi While
Fungsi ini banyak di terapkan untuk pengulangan atau memproses kode program secara berulang-ulang, dan di batasi oleh hasil jumlah baris dari Array. Fungsi ini banyak di gunakan sebagai pengulangan untuk pengambilan data pada Query database, contoh nya Query mysql. Silahklan lihat contoh penerapan nya di bawah ini :

$sql = mysql_query("PILIH TABLE DATA ANDA");
while ($data = mysql_fetch_array($sql))
{
 $variable = $data['colom_data_anda'];
}
Ket : Variable ($variable) hanya ada satu, tetapi fungsi While membuat per ulangan, sehingga akan menampilkan beberapa baris data pada variable tersebut, sesuai dengan jumlah baris Array yang di hasilkan pada Query mysql tersebut.


Fungsi For
Sedangkan untuk Fungsi For(), banyak di gunakan untuk membuat pengulangan dengan jumlah baris yang kita tentukan. Jika di buat seperti contoh yang saya berikan ini, fungsi for ini hampir sama dengan yang dimiliki oleh Fungsi While(), yaitu untuk mengulang suatu baris kode secara terus-menerus, hanya saja perbedaan dari fungsi For() yang saya buat ini, batasanya di tentukan oleh kita sendiri. silahkan lihat contoh penerapanya di bawah ini : 

for($i=1; $i<=5; $i++)
{
 echo "$i, ";
}
Ket : Variable ($i) sama dengan 1 (satu), dan Variable ($i) lebih kecil sama dengan 5, dan Variable ($i) selanjutnya akan di tambah 1 (satu). Maka akan menampilkan 5 variable $i yaitu 1,2,3,4,5,

Hasilnya : 


Untuk contoh penerapan Fungsi For ini, saya terapkan untuk 2 kegunaan, yaitu pengulangan untuk Query mysql dan pengulangan untuk membuat nomor urut dengan jumlah sesuai baris kode yang di hasilkan oleh Query pada database.

$sql = mysql_query("PILIH TABLE DATA ANDA");
$jumlah = mysql_num_rows($sql);

for($i=1; $i<=$jumlah; $i++)
{
 $data = mysql_fetch_array($sql);
 echo "$i. $data[colom_data_anda]<br>";
}

Untuk bahan pembelajaran, saya sudah persiapkan contoh coding nya, berikut table database nya, silahkan Anda Downbload Disini!
Cara Download : Klick link Download nya, lalu Klick Skip Ads yang ada di pojok sebelah kanan atas, kemudian Anda akan di arahkan ke Ziddu Downloader, dan masukan kode Anti Spam yang tertera.


IKLAN:


Terimakasih sudah menyimak artikel yang saya tulis ini, semoga dapat membantu Anda, N jangan lupa untuk memberikan komentar mengenai tutorial di atas, atau mungkin anda ingin memberikan tambahan sesuai pandangan yang Anda miliki, saya tunggu. Thank's

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Terima kasih, Mas.
    Artikelnya sangat bermanfaat buat saya.
    Sedikit demi sdikit sya mulai mengerti tentang PHP kususnya fungsi for dan while.

    Mas,minta izin buat di submit ya artikelnya d social bookmarking www.bimblit.com, biar temen2 saya yang lain bisa baca artikel yang sangat berguna ini ?

    Terima kasih :)

    BalasHapus